Saturday 28 January 2017

"Pariangan" Desa Tertua Penuh Sejarah dan Pesona Keindahhannya


Sejak dinobatkan sebagai "Desa Terindah Di Dunia" oleh Majalah Travel Budget terbitan New York, Nagari Pariangan menjadi salah satu topik pembicaraan terutama di dunia maya. Keindahan desa ini di sejajarkan dengan desa lain yang ada di Eropa dan Amerika, seperti Desa Wengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Ceko. Desa atau nagari yang terletak di kaki Gunung Merapi ini termasuk ke dalam kabupaten Tanah Datar. Berada di 500-700 meter dari permukaan laut, menjadikan nagari ini memiliki udara yang sejuk.

Keindahan yang dimiliki oleh desa Pariangan tidak hanya keindahan alam saja saja, desa ini juga memiliki keindahan dan pesona budaya Minang yang sampai sekarang masih terasa kental. Selain itu, di Pariangan banyak ditemukan situs-situs sejarah. Di desa ini terdapat sebuat kuburan panjang, yang konon sejarahnya merupakan makan dari Dt. Tantejo Gurhano yang merupakan arsitektur rumah Adat Minankabau. Pariangan merupakan salah satu nagari tertua di Sumatera Barat yang memiliki sejarah kerajaan. Sejarah kerajaan Pariangan masih berhubungan erat dengan kerajaan Pagaruyuang.

Keindahan alam desa ini dimulai saat pengunjung memasuki desa Pariangan. Mata akan dimanjakan dengan hijaunya alam Pariangan. Karena terletak di lereng gunung merapi, tak heran jika Pariangan memiliki tanah yanng subur. Hamparan sawah akan menjadi pemandangan yang indah. Tidak hanya itu, perkebunan milik masyarakan juga akan akan membuat pengunjung takjub apalagi pemandangan alamnya akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Jika berkunjung ke desa Pariangan disarankan untuk memakai pakaian yang sopan. Hal ini dikarenakan desa satu ini masih memiliki adat istiadat Minangkabau yang masih kental. Beberapa bangunan disini masih memiliki unsur budaya. Bahkan beberapa rumah masyarakat masih berbentuk rumah gadang yang memiliki gonjong seperti tanduk kerbau. Perayaan dan kegiatan lainnya masih dijalankan sesuai dengan budaya dan tradisi lama. Masyarakat yang ramah menjadikan pengunjung ingin kembali berkunjung ke tempat ini.




Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment