Friday 20 January 2017

Air Terjun Lubuk Batu Bulan


Sumatera Barat kaya dengan kekayaan alamnya. Dengan georafis daerah dataran rendah dan dataran tinggi serta juga perbukitan, tak jarang setiap daerah memiliki banyak tujuan wisata alam. Salah satunya adalah daerah 50 Kota. Daerah yang terbilang masih memiliki keasrian alam ini memiliki banyak tempat tujuan wisata alam yang manarik. Salah satunya adalah "Air Terjun Lubuk Batu Bulan" atau juga "Air Terjun Lubuk Bulan.

Air terjun lubuk bulan terletak di Jorong Kota Tinggi Kubang Balapak, Kanagarian Simpang Kapuak, Keccamatan Mungka, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Butuh waktu 4-5 jam dengan sepeda motor jika dari kota Payahkumbuh. Cukup jauh memang, tapi bagi pencinta alam jarak bukanlah masalah. Keindahan air terjun lubuk bulan akan mengobati kelelahan yang terasa. Selain itu, perjalanan akan ditemani oleh pemandangan yang indah terutama dari Mungka, akan disuguhi keindahan sawah dikiri-kanan jalan. Jika tidak ingin berjalan kaki, pengunjung disaran untuk menggunkan motor trail, karena medan yang akan ditempuh cukup sulit dan menantang.

Dinamakan dengan air terjun lubuk bulan karena air terjun akan jatuh ke lubuk yang banyak batunya dan lubuk tersebut berbentuk seperti bulan (lebih mirip seperti bulan sabit). Tinggi air terjun sendiri kurang lebih 50 meter. Air terjun semakin menarik dengan adanya cekungan yang berbentuk seperti goa dibelakang air terjun. Hati-hati bagi pengunjung, apalagi jika dimusim penghujan, batu yang dipenuhi lumut akan menjadi licin.

Keunikan dari air terjun lubuk bulan ini adalah tidak memiliki aliran sungai seperti air terjun kebanyakan. Air terjun yang jatuh kelubuk akan menghilang, tapi jangan berpikir aneh-aneh dulu. Dibawah lubuk tempat air terjun jatuh ada sebuh goa. Kedalam goa inilah air ini masuk dan mengalir. Kabarnya aliran air terjun lubuk bulan ini dapat ditemukan lagi kurang lebih satu kilometer lagi kehilir dan aliran air dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk irigasi sawah penduduk sekitar.


Baca juga
1. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
2. Ngungun Saok Surga yang Tersembunyi
3. Air Terjun Nyarai Wisata Alam di Lubuk Minturun Kota Padang
4. Air Terjun Niagra Padang
5. Keunikan Pesisir Selatan Jembatan Aka Pesisir Selatan
6. Pesona Keindahan Air Terjun Bayang Sani Pesisir Selatan 


0 comments:

Post a Comment