Wednesday 21 December 2016

Ngungun Saok "Surga yang Tersembunyi"


Pecinta tracking atau berpetualangan, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi tempat yang satu ini. Air Terjun Ngungun Saok, yang  terletak dipinggiran kota Padang. Tepatnya di Lubuk Minturun kurang lebih 15 menit dari pemandian ABG dengan menggunakan sepeda motor, penghujung jalan. Dari tempat parkir perjalanan akan ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 250 meter.

Keberadaan air terjun ini mulai diketahui sudah lama oleh warga sekitar. Akan tetapi, air tejun Ngungun Saok booming setalah adanya jalan. Rencana awalnya jalan ini merupakan salah satu jalan yang menghubungan antara kota Padang dengan Solok. Pembangunan jalan ini terhenti, tetapi sampai saat ini jalan ini tetap banyak dilalui oleh masyarakat terutama, masyarakat yang memiliki lahan disekitar tempat ini.



Perjalanan dari tempat perkir ke air terjun, merupakan tracking yang cukup sulit terutama di musim hujan. Selain harus melewati jalan tanah yang licin, kita juga harus ektra hati-hati kerena jalan berada ditebing. Butuh tenaga ektra dan menguras teringat. Ranting kayu dan pohon tumbang akan menambah rintangan selama perjalanan. Maklum, kawasan ini masih tergolong ke dalam hutan.

Kepenatan dan keringat selama perjalanan akan terobati. Air sungai yang segar dan jernih akan membuat kita untuk langsung terjun ke dalam sungai. Tidak hanya airnya yang terjih, keindahannya juga akan membuat kita betah berlama-lama. Kiri - kanan sungai ini dibatasi oleh batu. Jika terus berjalan ke hulu sungai, akan membuat semakin takjub. Batu-batu yang berada dikiri-kanan sungai ini melengkung dan bertemu seperti serasa di dalam goa. Selain itu, akan ada beberapa air terjun kecil yang dapat ditemukan disekitar sungai. 

Letak Ngungun Saok yang jauh dari keramai, sebaiknya jika anda ketempat ini sebaiknya membawa bekal, atau makanan ringat untuk dinikmati di kawasan ini. Tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihannya. Kawasan ini merupakan hulu salah satu sungai besar yang ada di Lubuk Minturun. Selain itu, menjaga kelestarian alam merupakan hal penting untuk menjaga keindahan dan keasrian alam Ngungun Saok.

Baca juga
1. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
2. Ngungun Saok Surga yang Tersembunyi
3. Air Terjun Nyarai Wisata Alam di Lubuk Minturun Kota Padang
4. Air Terjun Niagra Padang
5. Keunikan Pesisir Selatan Jembatan Aka Pesisir Selatan
6. Pesona Keindahan Air Terjun Bayang Sani Pesisir Selatan 



0 comments:

Post a Comment