Tuesday 24 January 2017

Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal Pasaman"














Mendengar nama Pasaman, sebagaian orang di Sumatera Barat langsung ingat dengan kebun sawit. Yups, daerah tempat kelahiran salah satu pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol memang banyak ditemukan kebun sawit. Bahkan dikiri kanan jalan utama daeran ini memang ditumbuhi sawit. Aset utama dari daerah memang berasal dari perkebunan sawit. Maka tak heran jika menyebukan nama Pasaman banyak orang yang teringat dengan kata sawit.

Kabupaten Pasaman Barat memang bukan daerah yang terkenal dengan wisatanya. Mungkin ini juga yang menyebabkan banyak orang yang tidak tertarik mengunjungi daerah ini untuk berlibur atau tempat tujuan untuk kegiatan pecinta alam.  Ditumbuhi oleh banyak pohon sawit menjadikan daerah ini kurang diminati. Tetapi bukan berarti Pasaman Barat tidak memiliki spot bagus terutama pecinta alam. Ada sebuah psot baru yang terbilang baru ditemukan yaitu " Danau Laut Tinggal". 

Danau laut tinggal berada di Nagari Rabi Jongor, Kecamatan gunung Teluh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Danau terletah 1500m di atas permukaan laut dengan luas 1,3 km. Danau ini diapit oleh dua gunung yaitu Gunung  Benderang dan Gunung Malintang. Kedua ini menambah keindahan danau laut tinggal. Keadaan alam danau ini sangat alami. Warna air danau yang hijau akan membuat matak tak henti untuk memandangnya. Jika ingin kedanau ini, memang butuh tenaga ekstra dan persiapan yang matang. Jaraknya lumayan jauh, yaitu 20km dari Sitabu atau 6-7jam dengan berjalan kaki. Kendaraan motor hanya bisa sampai Sitabu.

Ada yang unik dari danau laut tinggal. Sesuai dengan namanya air laut danau ini mirip seperti air laut. Uniknya lagi dari hasil penelitian dalam danau ini diperkirakan tidak ada ikan maupun hewan lainnya yang hidup. Belum diketahui kenapa hal itu bisa terjadi, yang pasti karena keunikan ini banyak peneliti bahkan bersal dari luar negeri tertarik untuk meneliti danau laut tinggal. Dr. Renata Rabenstern dan Herwig Zahork, peneliti dari Jerman yang tertarik meneliti danau. Mereka telah melakukan penelitian bersamanya masyarakat setempat. Ketetarikan mereka muncul ketika melihat danau ini dari satelit dan melihat danau ini belum terjamah. Sampai saat ini masih banyak peneliti yang datang ke danau ini untuk meneliti keunikan danau laut tinggal Pasaman Barat.




Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment