Tuesday 25 October 2016

Musik dan Budaya Orang Minang



Budaya dan Musik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Musik tidak hanya sebagai media hiburan seja tetapi juga menjadi salah satu ciri khas suatu budaya. Setiap budaya memiliki musik tersendiri, tak terkecuali dengan Budaya Minang Kabau. Berbagai jenis alat musik sering mengiringi kegiatan-kegiatan baik yang bernuasa adat dan budaya maupun acara-acara lainnya.



Budaya minang sendiri memiliki berbagai jenis alat musik, diantaranya saluang, talempong, rabana dan lain sebagainya. Sekarang ini tidak sulit untuk menemukan musik tradisional minang. Di setiap event dan acara kebudayaan sering diiringi oleh musik tradisional ini. Ada yang untuk mengiringi tari tradisional atau lagu minang maupun hanya menampilkan pertunjukan musik saja. Peminatnya tidak hanya orang tua tetapi juga para pemuda-pemudi minang bahkan ada orang asing.


 

Berbagai cara dilakukan untuk melestarikan musik tradisonal minang ini. Salah satunya mengadakan event-event atau lomba-lomba. Selain itu, di sekolah-sekolah juga ada ekstra kurikuler yang mengajarkan cara menggunkaan musik tradisional sendiri. Musik tradisional ini tidak hanya diajarkan di pendidikan non formah tetapi juga dipendidikan formah. Bahkan dibeberapa universitas dan sekolah tinggi di Sumatera Barat ada mata kuliah yang mengjarkan tentang alat musik dan musik tradisonal ini.  Keadaan inilah membuat banyaknya kolaborasi musik-musik tradisonal dengan musik moderen.






















→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Jangan lupa untuk membaca yang ini:

  1. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  2. Bentuk-bentuk Rumah Gadang Part-2
  3. Bentuk-bentuk Rumah Garang Part-1
  4. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  5. Sistem Kerabatan Matrilineal Di Minangkabau
  6. Uniknya Adat dan Budaya Pernikahan Di Minangkabau
  7. Rumah Gadang Rumah Adat Orang Minang
  8. Musik dan Budaya Orang Minang
  9. Karupuk Leak Karupuk Kuah Makanan Orang

1 comment: