Sunday 23 October 2016

Karupuk Leak (Karupuk Kuah) Makanan Orang Minang dari Masa ke Masa


Sumatera Barat terkenal dengan makanan lezatnya. Tak heran jika di daerah lain ada rumah makan yang bertulisan "Rumah Makan Padang" maka orang-orang tidak akan ragu untuk membelinya. Berbagai macam jenis makanan khas orang minang dengan mudah dapat ditemukan dimana saja, bahkan ada restoran padang di beberapa negara di Eropa sampai Amerika. Melihat potensi ini, baik pemerintah pusat maupun daerah menjadikan masakan minang sebagai penarik wisatawan untuk datang baik ke Indonesia khususnya Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat sendiri akan kita temui berbagai macan jenis makanan khas. Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki makanan kas sendiri. Kebanyakan makanan itu sama jenisnya tapi ada sedikit perbedaan baik dari bumbu maupun cara masaknya. Contohnya Rendang, rendang darek (Darek adalah daerah yang berada di perbukitan seperti bukittinggi, solok dan lain sebaainya) akan berbeda rasanya dengan rendang yang dibuat orang di Pariaman atau daerah di pesisiran pantai Sumatera Barat.




Makanan lainnya yang bisa ditemuakan disetiap daerah di Sumatera Barat adalah Karupuk Leak atau Karupuk Kuah. Makanan ini dengan sangat mudah ditemukan baik di daerah-daerah maupun di kota-kota di Sumatera Barat. Karupuk Kuah bisa dikatakan jajanan orang minang. Biasanya jajanan ini dijajakan di warung-warung ada juga yang langsung dijajankan secara berkeliling. Jajanan ini sangat favorit bagi orang minang.

Beberapa tempat yang terkenal dengan karupuk kuahnya adalah di Jam Gadang Bukittinggi dan disepanjang Pantai Padang. Di Bukittinggi karupuk kuah dijual dengan cara berkeliling disekitar jam gadang dan sekitarnya. Karupuk kuah disini terkenal dengan karupuknya yang laweh-laweh (besar). Jika anda sedang berada di jam gadang tidak ada salahnya anda untuk mencobanya. Harganya 5000 rupiah saja. 

JIka ingin makan karupuk kuah ditemani oleh deburam ombak dan sunset anda cukup datang saja ke Pantai Padang. Tepatnya di Danau Cimpago dan Taman Muaro Lasak, umumnya kafe-kafe yang ada disekitar pantai ini menyediakan karupuk kuah. Harga karupuk kuah disini juga 5000 saja. Biasanya kafe-kafe atau warung-warung di sekitar pantai buka pada sore hari. Semakin sore suasana akan semakin ramai.

Pilihan kerupuk untuk kerupuk kuah tidak hanya satu, ada namanya kerupuk nasi. Kerupuk nasi dibuat dari tepung teregu yang diolah. Selain itu, ada namanya karupuk ubi. Kerupuk ini dibuat dari ubi jala yang diolah, biasanya diolah secara tradisional. Kedua macam kerupuk ini memiliki rasa yang berbeda. Sedangakan kuahnya juga mempunyai pilihan, ada yang namanya kuah sate. Kuah sateni sama dengan kuah Sate Padang, bedanya tidak ada satenya. Pilihan lainnya adalah kuah lado. Kuah Lado dibuat dari cabe merah halus yang dicampur air dan diberi sedikit rasa asam. Disebagian daerah di Sumatera Barat, kuah lado ini ada yang dimasa ada yang mentah. Untuk yang mentah cabe giling (cabe yang digiling halus) diberi air minum. Jika anda tidak suka pada cukup pakai kuah sate saja.



→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Jangan lupa untuk membaca yang ini:

  1. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  2. Bentuk-bentuk Rumah Gadang Part-2
  3. Bentuk-bentuk Rumah Garang Part-1
  4. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  5. Sistem Kerabatan Matrilineal Di Minangkabau
  6. Uniknya Adat dan Budaya Pernikahan Di Minangkabau
  7. Rumah Gadang Rumah Adat Orang Minang
  8. Musik dan Budaya Orang Minang
  9. Karupuk Leak Karupuk Kuah Makanan Orang

0 comments:

Post a Comment