Tuesday 7 February 2017

Lembah Anai dengan Rel Gigi Langkanya

Keunikan laiinya yang dapat kita temukan di Sumatera Barat yangb hampir terlupakan adalh "Rel Gigi". Tidak banyak yang tahu tentang rel kereta api yang bergigi ini. Apalagi sekarang rel gigi sudah tidak banyak lagi digunakan. Selain itu, rel gigi juga merupakan salah latu bukti sejarah dan bukti perkembangan alat transportasi di masa lalu.

Rel gigi atau istilah kerenya adalah Rack Railway merupakan sistem rel kereta api untuk daerah pegunungan agar kereta api dapat berjalan di daerah yang memiliki kemiringan. Ini juga yang menjadi alasan kenapa rel di lembah anai di buat dengan sistem rel gigi. Sistem rel ini tidak hanya diterapkan di Sumatera Barat tetapi juga dibeberapa jalur kereta api di pulau Jawa salah satunya di jalur Ambarawa tetapi jalur ini sekarang tidak berfungsi lagi. Rel gigi di ambarawa ini dijadikan salah satu koleksi museum kereta api.

Keadaan ini berbeda dengan yang di Lembah Anai. Walaupun sudah lama, rel gigi disini masih dapat berfungsi dengan baik dan sampai sekarang pihak kereta api masih melakukan perbaikan agar rel ini dapat difungsikan dimasa yang akan datang. Lembah Anai yang menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu alasan rel ini difungsikan kembali. Hal ini terlihat kembali diaktifkannya jalur kereta api Lubuk Alung - Kayu Tanam.

Lembah Anai yang juga merupakan salah satu cagar alam memiliki pesona dan keindahan yang menakjubkan. Meniknamti pesona dan keindahan tersebut sambil menaiki kereta api dengan rel gigi akan menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Mungkin saja dengan adanya kereta api tersebut bisa saja pengunjung lembah anai menjadi lebih banyak.




⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛

Info Lainnya

  1. Pencak Silat Seni Beladiri Mendunia Asli Sumatera Barat
  2. Danau Biru Danau Bekas Galian Tambang Di Sawahlunto
  3. Randai Part-1 Perpaduan Antara Permainan, Seni dan Budaya
  4. Lembah Anai Dengan Rel Gigi Langkanya 
  5.  5 Jalan Dengan Pemandangan Memesona TapiBerbaya Di Sumatera Barat
  6. Objek Wisata Yang Wajib Dikunjung Di Pesisir Selatan
  7. Wisata Alam Legenda Batu Malin Kundang
  8. Hotel Murah Yang Ada Di Danau Maninjau
  9. Tempat Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Payahkumbuh


0 comments:

Post a Comment