Saturday 3 June 2017

7 Mesjid Termegah dan Unik di Sumatera Barat

Berikut ini Pesona Minangkabau akan mengulas beberapa mesjid megah yang ada di Sumatera Barat

1. MESJID RAYA SUMBAR


Mesjid Raya Sumatera Barat dibanguan akhir tahun 2007 ini merupakan salah satu kebanggaan orang Sumatera Barat. Mesjid ini terletak di jalan Khatib Sulaiman Kota Padang.

Baca Juga : Mesjid Raya Sumbar (Sumatera Barat)

2. MESJID JABAL RAHMAH


Mesjid Jabal Rahmah terletak di kawasan PT Semen Padang yang beralamatkan di Indarung. Mesjid ini dibangun oleh PT Semen Padang. Mesjid besar ini memiliki 3 kubah dan tiga lantai. Lantai bawah tempat wuduk dan dua lantai diatas untuk ibadah dan kegiatan lainnya.

3. MESJID RAYA GANTING






Mesjid Raya Ganting  merupakan salah satu mesjid tertua di Indonesia yang terletak di Kota Padang. Mesjid ini merupakan salah satu bangun bersejarah.

Baca juga : Mesjid Raya Ganting
 
4. MESJID AGUNG AL-MUHSININ


Mesjid Agung Al-Muhsinin adalah mesjid terbesar di kota Solok. Terletak di Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong Lubuk Sikarang. Dibangun 2009dan diresmikan tannggal 14 Desember 2011 oleh Menteri Agama Republik Indonesia Nasaruddin Umar. Biaya pembangunan sebesar Rp36,63 miliar yang terdiri dari APBD kota solok dan infak masyarakat.


5. MESJID JAMIK TALUAK


Mesjid Jamik Taluak termasuk kedalam mesjid tertua di Sumatera Barat. Dibangun tahun 1860 di nagari Taluak IV Suku, kecamatan Banuhampu, kabupaten Agam. Arsitektur banguna mesjid ini sangat kental dengan budaya Minangkabau dan dipadukan dengan arsitektur Arab. Karena keunikan bangunannya, mesjid ini juga cukup terkenal dan banyak orang yang berfoto-foto atau mengabadikan bangunan mesjid ini.

6. MESJID RAYA SYEKH BARHANUDDIN


Mesjid Raya Syekh Barhanuddin dikenal juga dengan mesjid Ulakan. Terletak di Nagari Ulakan, kecamatan Ulakan,Kabupaten Padang Pariaman, merupakan cagar budaya di Sumatera Barat. Dibangun oleh Barhanuddin tahun 1670. Telah mengalami banyak  renovasi dan pada tahun 2009 revonasi besar-besarn dilakukan karena mesjid ini rusak berak akibat gempa.

7. MESJID NURUL AMIN PAGARUYUNG



Mesjid Nurul Amin dikenal juga dengan sebutan Mesjid Pagaruyung. Terletak tidak jauh dari Istana Pagaruyung Batusangkar, mesjid ini cukup menarik perhatian. Arsitekturnya yang unik dan letaknya yang tinggi menjadi perhatian bagi pengunjung yang sedang berada disekitarnya. Diresmikan21 Februari 1992, mesjid Nurul Amin merupakan wakaf dari keluarga besar Haji Aminuzal Datuk Radjo Batuah dan diresmikan oleh Mentri Perhubungan RI bapak Ir. Hj. Azwafi Anas.

0 comments:

Post a Comment