Tuesday 15 November 2016

Asal Muasal Ngarai Sianok


Dibalik keindahan Ngarai  Sianok, tersimpan sesuatu yang sangat mengerikan. Ngarai sendiri merupakan sebuah patahan bumi yang selalu bergerak. Berdasarkan hasil penelitian, patahan ngarai sianok bergerak 2mm perharinya. Pergerakan ini tidak disadari apalagi girasakan oleh manusia. Masyarakat setempat ada yang menyebutkan ngarai sianok terbentuk karena gempa. Cerita itu mereka dapat dari orang tua-tua dulunya dan diteruskan dari mulut ke mulut. Benar tidaknya cerita itu, belum ada yang memastikan.

Pergerakan patahan sianok ini disebut juga dengan "patahan semangko". Hal ini karena bentuk ngarai yang seperti semangka yang dibelah. Tingkat keaaktifan patahan ini sangat jelas. Setiap gempa besar yang terjadi di Sumatera Barat akan memberikan pengaruh kepada ngarai sianok. Dampat yang jelas terjadi ketiak gempa gunung yang terjadi tahun 2007. Selain itu tebing ngarai yang curam tentan akan lonsor apalagi di musim hujan.Oleh karena itulah, pemerintahaan Bukiittinggi selalu waspada akan hal ini.

Ngarai sianok sendiri memiliki jurang yang cukup dalam, yaitu sekitar 100meter. yang membentang dari Nagari Koto Gadang sampai Palupuh, kurang lebih sepanjang 15km dan lebar ngarai adalah 200m. Dizaman kolonial belanda ngarai sinaok lebih dikenal dengan kerbau sanget, karena dulunya di ngarai sinaok banyak terdapat kerbau liar.

 Menurut masyarakat setempat nama ngarai sinaok diberikan karena adanya aliran suangai yang bernama "Batang Sianok". Bagi manyarakat minang sungai sering juga disebut dengan "batang ai" dan sianok memiliki arti air yang jernih, jadi batang sianok bisa diartikan dengan sungai yang jernih. Batang sianok ini berada didasar ngarai yang juga berliku-liku ngikikuti bentuk ngarai.

Cerita mengirikan dari ngarai sianok ini hilang dengan keindahannya. Dengan kesuburan tanah di ngarai sianok membuat ngarai itu terlihat hijau oleh pepohonan. Kewaspadaan pengunjung menjadi hilang karena terpesona dengan keindahan ngarai sianok. Akan tetapi pengunjung tidak perlu khawatir dengan cerita tersebut. pemerintahan bukittinggi telah melakukan berbagai upaya untuk menjadikan ngarai sianok menjadi tempat wisata yang aman dan nyaman. Pasukan keamanan pun telah disediakan jika alam tak bersahabat dengan manusia.



1 comment: